online stats Tips and tricks about computer: Panduan Awal Pemrograman Java untuk Pemula - Membuat Project dan File Java pada NetBeans IDE
Blinkie Text Generator at TextSpace.net
BERANDATENTANG SAYAFACEBOOKFRIENDSTERTWITTERCLIXSENSEGOOGLEYAHOO!MSNBLOGGER

Sabtu, 24 Oktober 2009

Panduan Awal Pemrograman Java untuk Pemula - Membuat Project dan File Java pada NetBeans IDE

Anda pasti bingung bagaimana cara untuk membuat sebuah proyek baru dan berkas Java baru. Anda tidak perlu pusing karena caranya cukup gampang. Caranya adalah:


  1. Klik menu File > New Project atau dengan menekan tombol Ctrl+Shift+N. Kemudian muncul jendela New Project. Pada Steps: Choose Project pilih Java sebagai Categories dan Java Application sebagai Projects kemudian klik Next.

  2. Kemudian muncul Steps: Name and Location. Pada Project Name ketikkan nama Project yang akan dibuat, NetBeans akan membuat Project Name secara otomatis tetapi Anda dapat mengubahnya. Lalu Project Location merupakan tempat Project yang Anda buat akan disimpan.

  3. Hilangkan tanda centang pada Create Main Class dan Set as Main Project. Kemudian klik Finish. NetBeans akan memulai untuk membuat sebuah Project baru.

  4. Setelah sebuah Project baru selesai dibuat saatnya membuat Java Source Code yang sebenarnya. Caranya klik menu File > New File atau dengan menekan tombol Ctrl + N.

  5. Kemudian akan muncul jendela New File. Pada Step: Choose File Type, pilih Java sebagai Categories dengan Java Class sebagai File Types. Kemudian klik tombol Next.

  6. Kemudian Anda akan dibawa ke Steps: Name and Location. Pada Class Name, ketikkan nama berkas atau file Java yang akan dibuat. NetBeans juga akan membuat sebuah nama sebagai nama default yang dapat Anda ubah. Kemudian klik Finish.

  7. Setelah itu sebuah berkas atau file Java akan dibentuk yang dapat Anda gunakan untuk membuat sebuah program Java. Jika sudah selesai menuliskan kode program Java, Anda hanya perlu menyimpan berkas tersebut dan secara otomatis berkas tersebut akan dikompile oleh NetBeans IDE atau dengan menu Run > Compile "namafile.java" atau dengan menekan tombol F9.

  8. Untuk menjalankan program yang sudah disimpan, klik Run > Run File atau dengan menekan tombol Shift + F6. Jika Anda ingin menjalankan Project yang Anda buat, Anda hanya harus mengklik menu Run > Run Project (nama Project) atau dengan menekan tombol F6. Atau jika Anda ingin menguji Project tersebut terlebih dahulu, klik menu Run > Test Project (nama Project) atau dengan menekan tombol Alt + F6.


Contoh program Java sederhana dengan Welcome sebagai Project Name dan Class Name-nya:



public class Welcome {

public static void main(String[] args) {

System.out.println("Welcome to Java!");

}

}


Penjelasan mengenai program di atas akan dibahas pada pembahasan selanjutnya. Jadi, sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar