online stats Tips and tricks about computer: ODBC Driver untuk MySQL
Blinkie Text Generator at TextSpace.net
BERANDATENTANG SAYAFACEBOOKFRIENDSTERTWITTERCLIXSENSEGOOGLEYAHOO!MSNBLOGGER

Sabtu, 24 Oktober 2009

ODBC Driver untuk MySQL

Selain menggunakan phpMyAdmin atau peralatan MySQL client yang sederhana, Anda juga bisa menyunting database MySQK mengunakan peralatan-peralatan lain yang lebih mahir seperti Microsoft Access atau Open Office Base.


Syaratnya Anda harus menginstal ODBC Driver terlebih dahulu untuk MySQL. Anda bisa mengunduhnya dari http://dev.mysql.com/downloads/connector/odbc/.


Setelah odbc driver untuk MySQL terinstal, Anda harus membuat koneksi odbc ke
database tertentu dengan cara berikut:


  1. Buka jendela Adminitrative Tools dengan mengklik menu Control Panel > Admnistrative Tools.

  2. Klik pada ikon Data Source (ODBC).

  3. Muncul jendela ODBC Data Source Admintistrator. Di kotak User Data Source sudah terdapat beberapa nama data source standar odbc seperti dBAse, Excel dan Access. Klik New untuk membuat datasource dengan MySQL.

  4. Pada jendela Create New Data Source, pilih item MySQL ODBC 3.51 driver. Jika belum ada item ini, coba pastikan bahwa Anda sudah menginstal odbc driver dengan benar.

  5. Maka muncul jendela Connector/ODBC yang merupakan tempat untuk mengisikan informasi-informasi yang diperlukan untuk menghubungkan odbc dengan MySQL sehingga koneksi ini nantinya bisa digunakan untuk aplikasi-aplikasi seperti MS Access atau Open Office Base.

  6. Yang perlu diperhatikan adalah kotak server yang harus diisikan nama host serta kotak kata sandi yang harus diisikan kata sandi. Anda bisa memilih database di server MySQL yang akan diakses di combo box Database.

  7. Klik Test untuk menguji apakah koneksi yang dibuat sudah benar. Jika sudah benar, klik pada tombol OK. Maka nama koneksi odbc yang terbuat sudah ada di jendela ODBC Data Source Administrator.


0 komentar:

Posting Komentar